Senin, 15 Juli 2019

By Admin

Tips Liburan Ramah Lingkungan Bareng Sahabat



Selain berbagai konsep liburan yang instagrammable, kamu pasti sudah tidak asing dengan kampanye sosial tentang gaya hidup ramah lingkungan. Nah, konsep ini biasanya memang sudah jadi kebiasaan remaja dengan berbagai rutinitasnya sehari-hari. Namun, jangan sampai kamu meninggalkan kebiasaan hidup ramah lingkungan meski sedang melakukan perjalanan liburan.

Destinasi domestik bisa jadi salah satu kesempatan traveling yang tepat agar tetap bisa mencoba bersenang-senang tanpa harus membuang sampah bekas pakai. Biasanya secara tidak sadar kamu membuang banyak sampah bekas makanan, minum, atau mungkin bekas oleh-oleh belanja. Nah, berikut ini cara membiasakan diri untuk liburan ramah lingkungan saat liburan dengan sahabat.

1. Makan di tempat saat sedang kulineran

Mungkin saja kamu sudah pernah liburan ke Yogyakarta, Bali, atau Lombok bersama keluarga. Ingin coba destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi bareng teman-teman dengan harga tiket yang murah? Kamu bisa mulai hunting tiket pesawat ke padang, Banjarmasin, Pontianak, atau Jambi untuk mencoba berbagai kuliner yang khas dari tiap wilayah di Indonesia.

Daya tarik kuliner di Indonesia memang tidak ada habisnya. Kalau sedang liburan bareng teman-teman kuliah, daya tahan tubuhmu tentunya masih kuat. Kamu bisa mencoba berbagai hidangan kuliner tanpa harus memikirkan kolesterol atau asam urat yang naik setelah mencoba makanan yang biasanya sudah mulai dihindari oleh orang tuamu. Cobalah untuk tidak membawa pulang dan mencoba makanan langsung di tempatnya. Jadi, tidak ada sampah deh.

2. Bawa peralatan makan sendiri

Sudah terbiasa bawa botol minum sendiri? Nah, kebiasaan ini bisa kamu lakukan saat sedang liburan. Kamu jadi tidak perlu beli minuman yang harganya mungkin lebih mahal ketika sampai di bandara. Selain itu, kamu juga bisa membawa minum dari tempatmu menginap jika ada air minum gratis yang disediakan. Jadi, selain bebas sampah juga lebih hemat biaya.

Selain botol minum, kamu juga bisa membawa sedotan, sendok, dan garpu sendiri. Jadi, saat terpaksa makan dengan menggunakan kemasan karton atau kertas, kamu tidak perlu meminta alat makan plastik. Kalau memang tidak terasa repot, kamu juga bisa membawa tempat makan sendiri agar bisa menempatkan makanan untuk dibawa pulang.

3. Persiapkan tas belanja saat pergi berkeliling

Selain sampah bekas makanan, kamu juga mungkin beli banyak oleh-oleh untuk dibawa pulang. Ketimbang bawa banyak keresek makan tambahan, lebih baik bawa tas belanja sendiri untuk bisa membawa souvenir dan makanan. Dengan cara ini, kamu juga bisa memperkirakan seberapa banyak sisa ruang yang bisa kamu bawa di dalam kabin pesawat.

Ya, cukup bawa tas belanja dengan ukuran yang cukup ringkas untuk dimasukkan ke dalam kabin. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan bujet tambahan untuk dapat menyimpan terlalu banyak barang di bagasi pesawat. Selain akan dikenakan biaya tambahan untuk bagasi, kamu dan teman-teman juga akan lebih repot saat harus menunggu antrean koper.

Hanya dengan tiga langkah mudah tadi, kamu sudah bisa meminimalisasi jumlah sampah yang kamu hasilkan selama perjalanan liburan. Jadi, selain lebih menyenangkan untuk berlibur dengan teman-teman, bisa lebih ramah lingkungan juga dengan mengurangi sampah.



By Admin

About By Admin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :