Senin, 09 Desember 2019

By Admin

Inilah Perilaku Sehat Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Lambung


Lambung termasuk salah satu organ vital dalam tubuh kita, mempunyai fungsi yang cukup penting dalam sistem pencernaan tubuh manusia. Di lambung inilah inti dari proses pencernaan makanan berlangsung setelah makanan tersebut kita makan dan dikunyah di mulut, kemudian masuk melalui tenggorokan. Mengingat fungsinya yang cukup penting tersebut, menjaga kesehatan lambung menjadi hal yang mutlak harus kita lakukan. 



Gangguan kesehatan pada lambung sering terjadi pada banyak orang karena berbagai sebab, antara lain bisa karena pola hidup yang tidak sehat. Jika gangguan lambung terjadi, maka akan menyebabkan lambung tidak akan berfungsi normal, sehingga mempunyai risiko mengganggu fungsi organ pencernaan lainnya. Beberapa jenis gangguan pada lambung yang biasa terjadi misalnya, sakit maag, meningkatnya asam lambung, dispepsia sampai kanker pada lambung. 

Untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada lambung tersebut sebenarnya tidaklah sulit dan tak perlu biaya obat yang mahal. Anda cukup mengikuti tips menjaga kesehatan lambung secara mudah dan sepele dengan cara menerapkan gaya hidup sehari-hari yang sehat.

Bagaimana gaya hidup sehat yang bisa mencegah gangguan kesehatan pada lambung? Perlu Anda pahami bahwa gangguan kesehatan lambung tidak hanya disebabkan oleh makanan, namun tidak kalah bahayanya adalah karena berbagai gaya hidup tidak sehat yang menjadi kebiasaan sehari-hari.

Berikut beberapa perilaku sehat yang cukup mudah untuk Anda lakukan, bermanfaat untuk menjaga kesehatan lambung, yaitu diantaranya :

1. Menjaga asupan makanan

Ada beberapa jenis makanan yang tidak baik untuk kesehatan lambung sehingga harus dihindari, misalnya, makanan yang terlalu pedas, terlalu asam dan makanan yang mengadung lemak jahat. Sebaliknya untuk menjaga kesehatan lambung, Anda harus mengkonsumsi asupan makanan dengan kandungan serat dalam jumlah yang cukup.

2. Mengunyah makanan dengan benar

Ini penting dilakukan agar kerja lambung tidak begitu berat dalam menghancurkan makanan. Disamping itu juga untuk membantu meningkatkan enzim yang bekerja pada awal proses pencernaan. Oleh karenanya, makan dengan perlahan, tidak terburu-buru dan konsentrasi saat makan adalah sikap yang benar.

3. Minum air putih yang cukup

Tujuannya adalah agar tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Anda juga perlu tahu bahwa kebutuhan air putih setiap itu tidak sama, tergantung aktivitas masing-masing.

4. Makan yang teratur dan tepat waktu

Ini yang banyak orang telah paham, bahwa makan tidak teratur atau terlambat bisa menyebabkan maag. Oleh karenanya, Anda wajib menjaga jam makan yang teratur setiap harinya agar proses pencernaan berjalan dengan baik.

5. Hindari kafein, rokok dan minuman mengandung alkohol 

 
Kafein terdapat dalam minuman seperti kopi sehingga perlu Anda hindari karena bisa memicu produksi asam lambung yang berlebih. Sedangkan konsumsi rokok dan minuman beralkohol secara berlebihan dapat memicu iritasi lambung.

6. Melakukan olahraga secara teratur dan terukur.

Bagi penderita asam lambung disarankan untuk menghindari olahraga dengan intensitas tinggi. Adapun olah raga yang disarankan adalah renang, yoga atau naik sepeda. Lakukan dengan menyesuaikan kemampuan tubuh Anda, jangan berlebihan dengan memaksakan diri.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kesehatan lambung yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Bagaimana, ingin lambung Anda sehat? Mulai sekarang silakan dicoba dan tunggu hasilnya kemudian. Selamat mencoba!



By Admin

About By Admin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :