Minggu, 12 April 2020

By Admin

Mau Ganti Ban Traktor? Jangan Salah Pilih, Ini Panduan bagi Anda




Sebagai negara agraris, kini Indonesia mulai menuju modernisasi, kegiatan usaha pertanian berubah dari sistem tradisional menuju pertanian yang modern. Ini ditandai dengan semakin banyaknya penggunaan mesin-mesin pada berbagai aktivitas pertanian.

Salah satu penggunaan mesin yang cukup menonjol adalah pemanfaatan traktor untuk berbagai aktivitas pertanian. Traktor sawah bagi para petani berperan sangat penting dalam menunjang operasional pertanian. Sudah merupakan hal yang jamak bagi petani di Indonesia beralih menggunakan traktor daripada hewan ternak untuk membajak atau proses pengolahan tanah.

Mengapa lebih memilih traktor? Tentu bukan tanpa alasan, pasalnya menggunakan traktor untuk aktivitas pertanian mempunyai banyak kelebihan, antara lain : dapat dioperasikan untuk berbagai lahan pertanian, pekerjaan bisa lebih cepat selesai, praktis dan mudah digunakan, hasil olahan tanah lebih baik dan yang jelas lebih efisien karena bisa mengurangi biaya produksi.

Namun, untuk memperoleh kinerja traktor yang maksimal tentu tak boleh dilupakan masalah perawatannya sebagaimana lazimnya sebuah kendaraan bermotor. Pemeliharaan secara berkala wajib dilakukan, bukan hanya perawatan mesinnya saja, tetapi juga penggantian untuk komponen-komponen yang sudah aus, utamanya ban traktor. Ban traktor wajib menjadi fokus perhatian karena penggunaan ban yang sudah aus bisa membahayakan diri orang yang mengoperasikan.

Bagaimana memilih ban traktor yang benar dan cermat? Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di bidang pertanian tentu bukan masalah yang sulit, berbeda bila Anda termasuk pemula soal urusan ini. Untuk itu, tidak ada salahnya jika beberapa tips ini bisa Anda jadikan panduan dalam memilih ban traktor. Berikut uraiannya.

1. Mengenali jenis traktor yang Anda miliki

Anda wajib mengenal jenis traktor yang Anda miliki untuk berbagai kepentingan menyangkut traktor itu sendiri, termasuk untuk urusan mengganti ban. Hal ini penting, masalahnya setiap jenis traktor mempunyai tipe, ukuran, dan jenis ban yang berbeda. Beda merek dan tipe traktor, beda pula jenis bannya. Pastikan Anda mengetahui jenis traktor yang Anda miliki sebelum membeli ban untuk menggantinya.

2. Mengenal spesifikasi ban yang dipakai

Mengganti komponen, termasuk ban traktor harus sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan pabrik pembuatnya. Untuk spesifikasi ban, Anda bisa mengecek di buku panduan pemakaian traktor atau langsung cek pada bagian dinding ban. Dari situ maka akan Anda dapatkan informasi secara rinci spesifikasi ban yang dipakai pada traktor Anda. Jadikan ini sebagai acuan untuk keperluan mengganti ban.

3. Pilih ban yang berkualitas

Sebelum membelinya, pastikan Anda sudah mengecek kualitas ban tersebut di toko penjualnya. Anda perlu tahu, bahwa ban traktor ada klasifikasinya. Meskipun ban baru, gradenya bisa berbeda, apalagi kalau Anda memilih membeli ban bekas, maka perlu lebih teliti.

Adapun pembagian grade ban traktor adalah sebagai berikut :
  • Grade A- hingga A+, untuk ban baru dengan kondisi ban bervariasi, yaitu terdapat goresan minimal, kondisi baik dan sudah dipasang, pemakaian terbatas, atau benar-benar baru keluar dari pabrik.
  • Grade B- hingga B+, kondisi ban pada umumnya masih bagus dengan beberapa masalah seperti adanya goresan kecil.
  • Grade C, untuk ban yang bermasalah di bagian permukaan, tampak jelas, tetapi ban masih bisa berfungsi cukup baik karena tidak retak atau bengkok.

4. Sesuaikan dengan kondisi lahan yang digarap

Pemilihan ban traktor harus menyesuaikan dengan karakteristik lahan yang akan digarap. Kondisi lahan akan menentukan model tapak ban yang harus Anda pilih. Misalnya, untuk lahan yang berlumpur maka cocok memakai ban R-1 atau ban yang dipakai mengolah tanah pertanian pada umumnya. Sedangkan untuk pemeliharaan lahan berumput, maka ban R-3 bisa jadi pilihan. Jangan sampai salah memilih ban traktor karena bisa berdampak fatal pada kinerjanya.

5. Pilih penjual ban traktor terpercaya

Ini tips terakhir yang sangat penting bagi Anda. Sebelum memutuskan membeli ban, sebaiknya Anda memilih toko atau penjual ban yang sudah terpercaya. Anda pasti sepakat, ban traktor bukanlah barang yang murah, oleh karenanya memilih penjual yang bisa dipercaya bisa membantu Anda mengurangi risiko salah beli. Untuk itu Anda bisa menghubungi Indo Autozone, penjual ban dan suku cadang berbagai kendaraan industri yang bisa dipercaya untuk kebutuhan ban traktor Anda.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda pedomani untuk memenuhi kebutuhan ban traktor Anda. Bagaimana, apakah ban traktor Anda sudah saatnya diganti? Jangan lupa untuk dicek dan jangan sampai terlambat untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal. Semoga bermanfaat!



By Admin

About By Admin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :