Kamis, 01 Oktober 2020

By Admin

Pentingnya Proses Penyaringan Minyak Pada Hydraulic System



Melakukan penyaringan terhadap minyak yang bersirkulasi dalam hydraulic system merupakan hal yang sangat penting. Sebab minyak yang terkontaminasi dapat menyebabkan gangguan pada sistem kerja alat ini. Itulah sebabnya, pemilihan portable filter cart yang akan digunakan juga harus sangat diperhatikan kualitasnya. Misalnya saja seperti menggunakan filter yang ada di https://www.fluidcon.id/portable-filter-cart/.

Bagaimana minyak bisa terkontaminasi?

Meskipun berada di area yang tertutup selama beroperasi, tetapi bukan tidak mungkin minyak ini bisa terkontaminasi oleh beragam partikel. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya:

  • Partikel dari sisa atau material halus dari berbagai komponen yang digunakan dalam sistem itu sendiri. Misalnya saja adanya debu halus pada komponen mesin, sisa cor, debu halus besi, dan sebagainya.
  • Partikel yang ikut masuk tanpa Anda sadari pada saat menuangkan minyak ke dalam alat. Sebelum cairan minyak bersirkulasi dalam sistem, pada awalnya Anda pasti akan memasukkannya terlebih dahulu ke dalam tangki. Atau pada saat Anda menambahkannya dengan cairan minyak baru saat dibutuhkan.
  • Adanya kebocoran pada sambungan sehingga menjadi jalan masuk partikel halus. Jika masalah ini adalah penyebabnya, maka Anda harus sangat waspada. Sebab kebocoran ini tidak hanya bisa menyebabkan masuknya partikel, tetapi juga masalah fungsi pada sistem ini.
  • Adanya material atau partikel halus yang masuk saat Anda melakukan perbaikan atau perawatan pada sistem ini.

Mengapa minyak yang terkontaminasi berbahaya?

Beberapa kerusakan biasanya dimulai dari hal kecil, seperti munculnya pengendapan kotoran di berbagai area. Endapan kotoran ini bisa menyebabkan sirkulasi minyak menjadi terhambat. Semakin banyak endapan kotoran di suatu lokasi, maka alirannya akan semakin terhambat atau bahkan bisa menyebabkan minyak tidak dapat mengalir. Sementara tekanan dari aliran yang berada di titik sumbatan tersebut, bisa berisiko menyebabkan terjadinya kebocoran.

Memilih filter yang tepat

Pada dasarnya semua hydraulic system memiliki proses kerja yang sama sehingga Anda bebas memilih filter apa pun untuk proses penyaringan ini. Namun, agar dapat berfungsi maksimal ada baiknya jika Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada brand portable filter cart yang Anda pilih. Tujuannya adalah untuk memastikan kesesuaiannya dengan hydraulic system yang digunakan pada industri Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda juga bisa mencari informasi lebih mengenai keunggulan setiap tipe filter sehingga bisa mendapatkan yang benar-benar sesuai kebutuhan Anda.

Bagaimana menurut Anda? Apakah sekarang sudah jelas mengapa proses filter penting untuk hydraulic system? Mudah-mudahan pembahasan di atas berguna bagi Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini! 
 

By Admin

About By Admin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :