Sabtu, 13 Maret 2021

By Admin

Beli Mobil Bekas, 4 Hal Ini Wajib Diperiksa!


 




Program kredit mobil bekas murah Bekasi atau kota-kota lainnya memang terdengar menggiurkan. Pasalnya, Anda bisa memperoleh kendaraan seken dengan promo atau bonus menarik sesuai yang sedang ditawarkan oleh dealer atau situs jual beli mobil bekas. Meski begitu, jangan lupa untuk memeriksa 4 hal berikut sebelum membawa pulang mobil bekas yang Anda senangi, ya.

Apa saja, ya, hal-hal itu? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini! 
 

1. Jumlah kilometer yang tertera di dasbor. 
 
Hal pertama yang perlu Anda cek ketika akan membeli mobil bekas adalah jumlah kilometer di dasbor mobil. Sebab, angka ini akan menunjukkan seberapa jauh sudah mobil dibawa oleh pemilik lamanya. Takut kalau kilometernya sudah diubah? Anda bisa cek dulu tahun serta bulan pembelian mobil, lalu tanyakan kepada pemilik mobil sebelumnya bagaimana ia menggunakan mobil tersebut. Kemudian, Anda bisa buat estimasi perhitungan sendiri berdasarkan informasi yang Anda peroleh untuk memastikan keaslian angka kilometer pada dasbor mobil.

2. Jadwal servis mobil. 
 
Seperti yang sudah Anda ketahui, servis alias perawatan berkala dan rutin sangat penting bagi kendaraan bermotor, termasuk mobil. Pada dasarnya, jika mobil rutin diservis, kondisinya akan lebih baik dan terawat. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa mobil bekas yang akan Anda beli juga dirawat dengan baik oleh pemilik lamanya. Untuk tahu informasi soal jadwal servis, Anda bisa mengecek data laporan histori kendaraan yang biasanya terkumpul bersama dokumen-dokumen mobil.

3. Kondisi oli mesin mobil. 

Penggantian oli mobil secara rutin adalah salah satu langkah perawatan kendaraan yang penting, dan biasa dilakukan pada saat servis berkala. Untuk memastikan seberapa sering dan kapan terakhir kali penggantian oli dilakukan, cek apakah ada tag atau gantungan yang menyatakan informasi tersebut – gantungan ini pasti diberikan oleh bengkel resmi pada saat servis berkala.

4. Kondisi mesin luar-dalam

Sebagai “jantung” mobil, mesin memainkan peran vital dan jelas wajib Anda periksa ketika akan membeli mobil bekas. Jadi, periksa ruangan mesin, baik bagian atas maupun bawah. Lihat apakah ruangan mesin tersebut bersih atau malah berdebu, dan cek juga apakah ada tanda-tanda kebocoran oli. Selain itu, periksa juga seberapa lengket dan bau sisa oli di tangki oli mobil.

Setelahnya, cek kondisi mesin dengan menyalakan mobil dan dengarkan suaranya dengan baik – mesin bermasalah pasti punya bunyi yang aneh atau idling. Tambah rpm jadi 3.000 dan dengarkan sekali lagi, lalu tambah lagi sampai 5.000 rpm dan gas secara mendadak lalu lepas ke posisi idle untuk memastikan gas buang dari knalpot. Jika gas buangnya putih, artinya gasnya bersih. Tapi, cermati juga suaranya karena gas buang putih namun suara knalpot aneh juga merupakan tanda masalah pada mesin.

Itulah 4 hal mobil bekas yang perlu Anda periksa dan perhatikan dengan teliti sebelum membawanya pulang. Semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk Anda, ya!
 
 
 

By Admin

About By Admin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :