Jumat, 16 Juli 2021

By Admin

Kuliah Online Jadi Tantangan bagi Mahasiswa, Ini 5 Tips agar Belajar Bisa Efektif

 

Image : istockphoto.com


Hampir menginjak waktu dua tahun pandemi Covid-19 telah melanda dunia, termasuk negeri kita. Rasanya hingga kini belum ada tanda-tanda akan berakhir, ada peluang masih akan berlangsung lama lagi. Bahkan untuk kondisi di Indonesia, dalam beberapa hari belakangan ini telah terjadi ledakan kembali penderita yang terpapar virus corona, melebihi kondisi sebelumnya.

Berkenaan dengan kondisi tersebut, banyak kegiatan kemasyarakatan yang hingga kini belum bisa berjalan normal, bahkan harus diberhentikan sementara untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Sebagai solusinya, berbagai kegiatan dari berbagai sektor harus dilakukan dari rumah. Tak terkecuali untuk sektor pendidikan, pembelajaran secara online atau online learning menjadi pilihan bagi banyak lembaga pendidikan.

Bagi para mahasiswa, proses perkuliahan selama masa pandemi ini tentu menjadi tantangan tersendiri. Dengan cara kuliah online, selain kamu tak bisa belajar bersama dengan teman-teman yang lain, mungkin juga terasa jenuh dan belum terbiasa dengan perubahan ini. Berbagai permasalahan bisa saja muncul, misalnya gangguan sinyal, kuota yang terbatas, tidak bisa fokus, kesulitan mengerjakan tugas, sulit melakukan komunikasi dengan dosen atau teman-teman yang lain dan sebagainya.

Namun demikian, sebagai seorang yang sudah dewasa dan sebagai mahasiswa yang ingin maju tentunya kamu mampu menghadapi berbagai kendala itu agar tak ketinggalan pelajaran, apalagi sampai membuat nilai kuliah kamu buruk. Pastinya kamu tak akan menyerah, bukan?

Lantas, apa yang harus kamu lakukan agar mengikuti perkuliahan secara online bisa berjalan baik dan efektif? Berikut ini setidaknya 5 tips yang bisa dilakukan, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Jangan menganggap masa pandemi seperti hari libur.

Mungkin ada sebagian mahasiswa yang menganggap berkurangnya banyak aktivitas di luar rumah selama pandemi ini seolah seperti hari libur. Tentu ini keliru, karena kewajiban dan tanggungjawab seorang mahasiswa sama seperti saat normal, hanya saja dilakukan dalam kondisi yang berbeda. Bahkan, tak jarang selama kuliah dilakukan secara online justru tugas bisa jadi bertambah banyak.

Tentu ada efek negatif jika persepsi libur itu ada dalam benak kamu, karena mungkin saja lama kelamaan bisa membuat kamu malas beraktivitas yang terkait dengan perkuliahan, sebaliknya makin sering melakukan aktivitas di luar kuliah. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa dituntut tetap serius mengikuti kuliah meski secara online agar tetap efektif menambah ilmu.

2. Jangan sampai lupa jadwal kuliah.

Tak bisa dipungkiri dengan pelaksanaan kuliah secara online membuat lebih banyak waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan kegiatan di rumah selain menghadiri kuliah. Tentu ini bukan hal yang buruk, yang terpenting jangan sampai lupa dengan jadwal kuliah yang menjadi kewajiban pokok kamu. Sangat disayangkan kalau masalah sepele ini menjadi penyebab ada mata kuliah kamu jelek nilainya bahkan sampai tak lulus.

3. Atur tempat belajar yang nyaman.

Mengatur tempat belajar yang nyaman ini cukup penting agar saat kamu mengikuti kuliah bisa konsentrasi penuh. Namanya di rumah tentu tak bisa dihindarkan dari berbagai gangguan dari anggota penghuni rumah lainnya atau situasi di rumah itu sendiri. Untuk meminimalisir gangguan itu, kamu bisa memilih satu kamar atau ruangan kosong yang bebas dari berbagai aktivitas rumah dan benda-benda yang bisa mengganggu konsentrasi.

4. Mengikuti kuliah dengan serius.

Meski kuliah online secara fisik kamu tak hadir, namun sebagai wujud keseriusan sudah seharusnya kamu hadir di ruang kelas virtual dengan tepat waktu. Pastinya mahasiswa yang aktif akan lebih diapresiasi oleh dosen pengajar. Selain itu, kamu tetap harus mengenakan pakaian yang rapi dan bersih sehingga bisa membangun suasana lebih positif untuk belajar.

Selama mengikuti kuliah tak cukup hanya mendengarkan penjelasan dosen saja, namun juga perlu mencatat poin-poin penting yang bisa dijadikan bahan untuk memperdalam materi, juga bisa membantu kamu mengingat saat ujian nanti. Dengan mencatat materi juga akan membuat kamu bisa tambah fokus mendengarkan penjelasan dosen.

5. Biasakan tidak menunda pekerjaan.

Kuliah online secara tidak langsung juga akan mendidik kamu untuk bisa bersikap mandiri. Berbeda dengan kuliah offline yang sering bertatap muka secara langsung dengan dosen sehingga merasa banyak pengawasan. Sedangkan kuliah online kamu akan lebih bebas, sehingga sikap kemandirianmu yang lebih menentukan.

Misalnya kamu sedang dihadapkan pada banyaknya tugas kuliah, maka bagi kamu yang sudah terlatih mandiri tentu tak akan menunda-nunda tugas itu. Kamu tak tergiur untuk mengulur-ulur waktu, misalnya ingin santai dahulu, nonton televisi dan sebagainya. Kamu menyadari dengan menyelesaikan tugas secepatnya akan membuat kuliah menjadi lebih efektif.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba agar kamu bisa menjalankan kuliah online secara efektif. Memang kuliah online mempunyai banyak tantangan bagi mahasiswa. Namun, tak ada jalan lain kamu harus bisa menyesuaikan diri karena kondisi pandemi yang memaksa harus begini. Tetap semangat dan optimis agar kamu tak ketinggalan pelajaran!
 
 
 

By Admin

About By Admin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :