Senin, 30 Agustus 2021

By Admin

Ini Dia Manfaat Luar Biasa Jika Bersalin Normal Tanpa Operasi

 

Image : istockphoto.com

Bersalin atau melahirkan menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan oleh para pasangan yang ingin memiliki buah hati. Persalinan tersebut dapat dilakukan secara normal maupun melalui operasi yang dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi jika Anda memiliki asuransi kesehatan dengan klaim manfaat melahirkan. Seiring waktu, banyak yang lebih memiliki operasi karena dianggap tidak sakit. Padahal melahirkan secara normal ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Berikut ini adalah beberapa klaim melahirkan normal yang perlu diketahui.

● Proses Pemulihan Cepat

Persalinan normal memiliki waktu pemulihan yang lebih cepat daripada operasi caesar. Biasanya ibu melahirkan sudah dapat berdiri hanya beberapa jam pasca melahirkan. Ketika melahirkan, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat menghilangkan sekaligus mengatasi rasa sakit yang dirasakan oleh tubuh. Hal ini berlawanan dengan persalinan dengan operasi yang proses penyembuhannya memerlukan waktu hingga beberapa minggu dan memerlukan perawatan medis dalam periode tersebut.

● Memiliki Ikatan yang Lebih Kuat Saat Interaksi Pertama

Persalinan secara normal biasanya tidak menggunakan obat-obatan untuk mengurangi ketidaknyamanan proses melahirkan. Saat itu, ibu akan sadar terhadap semua pengalaman melahirkan yang dirasakan. Karena tidak ada pemakaian obat-obatan, pengalaman interaksi pertama dengan si kecil tentu akan lebih kuat.

● Rawat Inap di Rumah Sakit Lebih Singkat

Dengan proses pemulihan yang cepat, ibu melahirkan tidak perlu waktu lama untuk segera kembali ke rumah. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi psikis ibu karena dapat beristirahat dengan nyaman. Sebaliknya jika menjalani operasi, waktu yang dibutuhkan untuk perawatan di rumah sakit biasanya akan lebih lama karena perlu mendapat pantauan dari tim medis hingga benar-benar sembuh.

● Tidak Merasakan Nyeri yang Hebat

Persalinan secara normal tidak akan meninggalkan luka pasca operasi. Dengan tidak adanya luka, nyeri yang dirasakan akan lebih sedikit. Nyeri tersebut biasanya hanya dirasakan saat proses persalinan yang dirasakan di bagian perut dan vagina. Setelah selesai persalinan, nyeri tersebut akan segera menghilang.

● Risiko Infeksi Lebih Kecil

Persalinan normal hampir tidak memiliki kemungkinan infeksi. Sedangkan persalinan melalui operasi biasanya memiliki beberapa risiko infeksi seperti infeksi luka, infeksi saluran kemih, atau saluran kemih. Selain itu, kasus adhesi juga lebih sering dijumpai yaitu organ dalam menempel.

● Tidak Ada Risiko Anestesi

Persalinan normal tidak perlu anestesi sehingga juga dapat menghilangkan risiko yang berkaitan dengan anestesi. Efek anestesi yang sering dialami pada ibu melahirkan antara lain adalah tekanan darah rendah, mual, sakit kepala, dan kerusakan saraf. Anestesi menjadi bagian penting untuk setiap prosedur bedah dan berpotensi menyebabkan efek negatif ketika tidak dilakukan dengan benar. Jadi anestesi perlu dilakukan oleh dokter yang berpengalaman.

Dengan banyaknya klaim manfaat melahirkan secara normal, maka sangat disarankan untuk memilih persalinan normal jika kondisinya memang memungkinkan. Sementara untuk Anda yang berada dalam kondisi di mana persalinan harus melalui operasi, jangan memaksakan diri untuk persalinan normal demi mendapat manfaat di atas. Sebab, keselamatan Anda dan buah hati tetaplah utama. 
 
 
 

By Admin

About By Admin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :