Selasa, 08 Maret 2022

By Admin

Kenali Kesalahan dalam Bermain Saham, Jangan Sampai Rugi!

 

Image : pixabay.com


Bermain saham memang menggiurkan karena menawarkan keuntungan yang besar. Namun demikian, Anda tetap harus berhati-hati dan sebaiknya menghindari kesalahan dalam bermain saham karena dikhawatirkan akan mendatangkan kerugian di kemudian hari. Untuk itu, pahami dahulu cara investasi saham, ya, supaya Anda tidak perlu kehilangan banyak uang saat investasi nantinya.

Memang, pada dasarnya, bermain saham selalu berisiko sehingga Anda sangat mungkin mengalami kerugian. Akan tetapi, Anda bisa memperkecil risiko tersebut apabila menghindari kesalahan dalam bermain saham berikut. 
 
1. Tidak Memiliki Rencana yang Baik

Berinvestasi harus disertai perencanaan yang baik, termasuk tujuan jangka panjang investasi. Untuk itu, tentukan tujuan serta strategi Anda sebelum mulai berinvestasi. Gunakan data keuangan berbagai perusahaan, analisis, kemudian gunakan untuk mengambil keputusan terkait saham mana yang akan Anda pilih sesuai dengan tujuan investasi Anda. Jangan memilih saham berdasarkan asumsi atau perkiraan Anda semata tanpa didukung data terpercaya. 
 
2. Personal Bias

Setiap investor tentu memiliki tujuan masing-masing dalam berinvestasi. Di samping itu, setiap investor juga memiliki profil risikonya sendiri. Meski begitu, sayangnya, mayoritas investor pemula biasanya memiliki personal bias, di mana mereka cenderung memiliih perusahaan yang mereka kenal atau sukai saja.

Menganut paham personal bias ini tentu merupakan kesalahan besar saat bermain saham karena saham perusahaan yang dikenal atau sukai tersebut belum tentu sesuai dengan profil risiko maupun financial goals. Untuk itu, lakukan riset terlebih dahulu dan kumpulkan informasi yang cukup mengenai perusahaan yang Anda kenal atau sukai. Cara ini akan membantu Anda dalam mengambil keputusan saham perusahaan mana yang akan Anda pilih yang sesuai dengan profil risiko dan financial goals Anda. 
 
3. Tidak Melakukan Analisis Fundamental dan Teknikal

Saham merupakan aset investasi yang fluktuatif. Anda berisiko mengalami kerugian besar jika tidak melakukan analisis fundamental maupun teknikal terlebih dahulu. Seperti diketahui, analisis fundamental sendiri bertujuan untuk mempelajari kondisi keuangan perusahaan sehingga Anda bisa dengan yakin memilih saham mana yang akan Anda investasikan. Sementara analisis teknikal berguna untuk mengetahui prediksi harga saham yang akan datang. Prediksi tersebut menggunakan data harga dan volume perdagangan pada masa lalu.

Tanpa pengetahuan yang mumpuni, Anda bisa salah dalam menafsirkan tren pendapatan perusahaan, rasio harga terhadap pendapatan, atau bahkan tidak membandingkannya dengan perusahaan sejenis. Kesalahan dalam bermain saham ini dapat Anda hindari dengan meminta bantuan financial planner untuk melakukan analisis fundamental dan teknikal ini.

Kesalahan dalam bermain saham di atas bukan bertujuan menyurutkan niat Anda untuk mulai berinvestasi. Sebaliknya, tujuannya supaya Anda memiliki bekal pengetahuan lebih supaya tidak sembarangan dalam bermain saham. Jadi, pertimbangkan segala keputusan dengan baik-baik, ya!
 
 
 

By Admin

About By Admin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :